HITS EME LIRIK LAGU V-KLIP
TAXI BERTHA LAVINA KANZA
NSP/RBT TAXI NSP/RBT BERTHA NSP/RBT CUACA NSP/RBT PADUKA
INTERVIEW RADIO ON AIR TV OFF AIR
| Taxi - 0813 870 79000 |Lavina - 0819 1000 2005 | Kanza - 0899 900 900 2 | Kimnara - 0857 1020 3034 |

Layanan Musik BTel Solusi Atasi Pembajakan

Di tengah maraknya aksi pembajakan, menghadirkan musik mobile kepada masyarakat luas dapat menjadi solusi bagi industri musik. Model bisnis yang tepat akan memberikan kesempatan bagi industri musik dan telekomunikasi bergerak melawan aksi pembajakan. Kunci keberhasilannya adalah dengan menemukan model yang tepat dengan cara berpikir yang berbeda di pasar berkembang, terutama di Asia.

"Kita memerlukan cara berpikir yang berbeda untuk musik mobile di pasar berkembang dan model Unduh Digital anti-bajakan kami adalah contoh yang tepat untuk didiskusikan," ujar Bakrie Telecom (BTEL) Deputy President Director Erik Meijer dalam Forum Musik Asia Pasifik 2010 di Hong Kong.

Di negara yang memiliki tingkat pembajakan sebesar 90 persen dari total pembelian dan konsumsi musik, layanan musik mobile BTEL telah berhasil menyumbang sebanyak 6 persen dari total pendapatan perusahaan. Jumlah ini merupakan yang tertinggi dibandingkan dengan perusahaan telekomunikasi di Indonesia lainnya.

Selain bagi industri telekomunikasi, keuntungan dari musik mobile juga dirasakan oleh kalangan  perusahaan rekaman. Ketua Asosiasi Rekaman Indonesia (ASIRI) Yusak Sutiono menyebutkan, hal serupa pada Desember tahun lalu, saat ia mengatakan bahwa meningkatnya jumlah pengguna Nada Sambung Pribadi (NSP)  memberikan tambahan pemasukan bagi perusahaan rekaman dan menyelamatkan mereka dari bahaya pembajakan. Yusak juga mengatakan bahwa dalam jangka panjang, NSP akan dapat mendorong masyarakat untuk membeli musik secara legal.

BTEL dalam layanan NSP dengan berbagai inovasi seperti paket pembayaran harian dan mingguan, serta menciptakan mekanisme mencoba sebelum membeli atau Pre Listen sebagai proses edukasi pelanggan. Inovasi BTEL lainnya di NSP adalah menyederhanakan proses pencarian bagi pelanggan melalui layanan seperti "TEKAN BINTANG", pencarian lagu dengan suara atau M-Search, pusat layanan telepon untuk NSP, dan berbagai layanan lainnya.

Inovasi-inovasi tersebut menghasilkan tingkat penetrasi 20 persen di konsumer BTEL, atau setara dengan dua juta pelanggan yang aktif, dan rata-rata pemasukan sebesar Rp 11-12 milyar untuk perusahaan. Pencapaian ini merupakan kesuksesan karena rata-rata industri untuk penetrasi NSP adalah 5-12 persen. Selain NSP, layanan lain dari BTEL dalam musik mobile adalah Music Messaging dan Mobile Radio.

"Inovasi dalam NSP, Music Messaging dan Mobile Radio merupakan contoh dari ide-ide kami sebelumnya, sedangkan model Unduh Digital kami yang anti-bajakan adalah pemikiran baru dan menyegarkan yang berangkat dari semangat inovasi kami di rantai nilai musik mobile," kata Erik dalam sesi acara "Mobile Music Matters". June 1, 2010 at 10:42 am by Redaksi

Tags: bakrie, bakrie telecom, btel, Erik Meijer, Esia, forum musik asia pasifik, forum musik asia pasifik 2010, forum musik asia pasifik 2010 hong kong, handphone, hape esia musik box, hong kong, hp


Powered by Telkomsel BlackBerry®

0 comments:

Posting Komentar

 
Copyright EME © 2010 - All right reserved - Using ds dbanez
Best viewed with Mozilla, IE, Google Chrome and Opera.